Perbedaan darah haid dan keguguran

Apakah anda pernah bertanya mengapa warna haid kamu seringkali berbeda? Dan bagaimana cara membedakan darah haid dan keguguran ? Berikut akan kami rangkum perbedaan nya :

Darah haid

  1. Merah Terang. Warna yang biasanya kamu lihat di tengah siklus haid ini sangat normal, karena itu artinya darah segar dari jaringan lapisan dinding rahim kamu sedang terkikis. Namun jika kamu selalu mengalami kram yang cukup parah atau rasa perih yang intens sehingga kamu tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari, kamu sebaiknya mengunjungi ginekolog untuk mengecek alasan lain di baliknya.Jika darah haid kamu bergumpal seperti selai stroberi, itulah pertanda bahwa tubuh kamu sedang mengalami ketidakseimbangan horman progesteron dan esterogen. Kurangi produk susu, kedelai dan gula sebelum mengunjungi ginekolog, ladies.
  2. Merah Gelap. Semakin lama darah haid tersimpan dalam rahim, semakin gelap warnanya saat keluar. Maka dari itu, kamu akan sering melihat warna merah gelap saat bangun di pagi hari atau saat blood flow kamu lebih banyak dari biasanya. Warna tersebut juga dapat menunjukkan bahwa terkikisnya jaringan lapisan dinding rahim telah berkurang dan menjadi pertanda bahwa siklus haid kamu sudah mau selesai.
  3. Merah Muda. Darah yang berwarna merah muda bisa terjadi saat siklus haid lebih singkat atau saat haid kamu lebih sedikit dari biasanya. Darah pinkjuga bisa menjadi indikasi bahwa kadar esterogen dalam tubuh sedang rendah. Apakah kamu sedang stres, giat berolahraga, atau mengalami perubahan berat badan yang drastis? Faktor-faktor tersebut dapat menjadi alasannya. Jika setiap bulan siklus haid kamu pendek, itu bisa berarti bahwa kamu kekurangan asupan vitamin dan nutrien. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya protein seperti yogurt dan kacang almond, ya
  4. Coklat / Hitam. Bila darah haid kamu sudah lama tersimpan dalam rahim atau siklus haid kamu sedang tidak teratur, wajar jika warna darah haid kamu coklat. Namun jika darah haid keluar dengan warna keabu-abuan atau hitam, bisa jadi kamu terkena infeksi rahim atau tanda keguguran bagi wanita hamil
  5. Jingga. Bila warna darah haid kamu ada sedikit warna jingga namun baunya biasa saja, tidak masalah! Namun jika tekstur dan bau darah haid kamu aneh, kondisi tersebut bisa mengindikasikan penyakit menular seksual (STD/STI). Kunjungi dokter secepatnya! Biru / Ungu, Seriously? Ya, haid berwarna biru atau ungu pasti akan membuat kamu panik, tetapi fenomena teresebut sebenarnya tidak berbahaya, kok. Kamu akan melihat sedikit warna biru atau ungu saat darah sudah bergumpal (dan ini juga hal yang wajar). Bila Miss Cheerful mengeluarkan darah biru atau ungu, itu artinya tubuh kamu sedang menampung hormon estrogen berlebihan! Tambahkan serat ke diet kamu agar warna haid kembali normal.
  • Mungkin Anda akan melakukan hal sama. Namun perlu diingat bahwa setelah mengalami gejala keguguran, banyak kehamilan yang tetap bertahan dengan baik. Sebelum mama panik dan langsung ke rumah sakit, buatlah daftar pertanyaan dan hubungi dokter Anda untuk pemeriksaan menyeluruh karena hanya dokter kandungan (yang asli, bukan di internet) yang bisa memastikan apakah keguguran benar terjadi.
  • Dan Berikut beberapa pertanda awal keguguran yang perlu Anda perhatikan :

    1. Pendarahan. Dapat berupa bercak-bercak saja hingga darah berwarna merah segar yang mengalir. Tapi, keluarnya bercak darah bukan berarti tanda keguguran. Banyak juga mama yang mengalami pendarahan di awal kehamilan tidak mengalami risiko ini.
    2. Kram. Rasa kram di perut bagian bawah dapat berarti peregangan otot ligamen namun juga pertanda awal keguguran. Periksa ke dokter, terutama jika kram terjadi hanya di satu sisi dan rasanya lebih sakit dari menstruasi. Apalagi jika dibarengi dengan pendarahan.
    3. Sakit Punggung. Saat kram perut Anda bisa juga merasakan sakit punggung. Hati-hati terutama jika terdapat pendarahan di saat bersamaan.
    4. Keluar cairan dari vagina. Hal ini dapat berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Terkadang Anda mengira celana basah karena mengompol, namun yang Anda dapati bukanlah urin. Cairan yang keluar juga bisa berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal. Jika yang keluar terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, cobalah untuk menyimpannya dalam wadah untuk diperiksa dokter kandungan Anda.
    5. Kehilangan gejala hamil. Setelah beberapa minggu mengalami mual, tiba-tiba anda merasa baik-baik saja. Hal ini berarti telah terjadi keseimbangan hormon. Jika Anda mengalami hal ini bersamaan dengan gejala lain, bisa berarti pertanda keguguran.
    6. Hasil testpack b