klinik Bersalin Dr. Joko Sutanto S,SpOG

Saran sebelum melakukan tindakan aborsi :

  • Lakukan konseling sebelum anda melakukan tindakan aborsi. Melalui konseling anda akan mendapatkan informasi mmengenai berbagai pilihan, resiko dan kemungkinan komplikasi. Konseling dapat membantu anda mengambil keputusan yang bijak. Perlu diingat bahwa keputusan melakukan aborsi bukan keputusan yang mudah, dibutuhkan kesiapan mental, fisik dan finansial.
  • dokter akan melakukan tes USG untuk mengetahui usia pasti kehamilan. Mengetahui usia pasti kehamilan penting untuk menentukan metode aborsi yang akan dilakukan. Dokter juga akan memeriksa kondisi kesehatan anda untuk memastikan tidak ada resiko besar selama dan setelah tindakan aborsi.
  • Secara umum perhatikan klinik bersalin yang anda pilih. Anda harus dengan jeli bisa mengidentifkasi proses yang terjadi di klinik, apakah menurut identifikasi anda klinik tersebut memenuhi standar kelayakan untuk sterilisasi alat atau tidak.
  • Gunakan hak anda sebagai klien untuk bertanya. Klinik yang baik dan pro hak perempuan akan memberikan penjelasan mengenai prosedur aborsi maupun kondisi kesehatan anda.
  • Jika dokter tidak menawarkan check up pasca aborsi anda berhak untuk memintanya. Atur jadwal untuk melakukan check up dua minggu atau satu bulan setelah tindakan.
  • Minta kontak yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu anda mengalami gejala yang berhubungan dengan tindakan aborsi dan membutuhkan konsultasi atau tindakan lebih lanjut. Jika dokter atau klinik tidak dapat memberikan kontak yang bisa dihubungi, bisa dipastikan klinik tersebut tidak peduli dengan anda dan hanya ingin mengambil keuntungan dari situasi anda.
  • Hal paling penting sebelum menentukan klinik aborsi. Lakukan tes USG satu hari sebelumnya di klinik bersalin Dr. Joko Sutanto S,SpOG atau rumah sakit yang berbeda. Seringkali klien ditipu dengan menyebutkan bahwa usia kehamilan lebih dari 10 minggu atau lebih dari usia kandungan yang sebenarnya sehingga klien harus membayar lebih mahal. Harap di ingat bahwa biaya aborsi semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Jangan mau di tipu !!!

Info layanan konsultasi :
0823-6525-0248 Dr.joko sutanto.spog